Jumat, 31 Oktober 2014

wali kota Ridwan kamil



BANDUNG - Mulai hari ini Kota Bandung dipimpin wali kota baru, Ridwan Kamil. Seperti apa sosok yang akan memimpin Kota Kembang lima tahun ke depan itu?
Pria kelahiran 4 Oktober 1971 itu merupakan ahli tata kota, arsitektur. Ia kini menjadi dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB).
RK atau akrab juga disapa Kang Emil memiliki dua orang anak dari hasil pernikahannya dengan Atalia Praratya, yakni Laetatia dan Emmiril.
Secara pendidikan, RK bisa dibilang orang pintar. Hal itu dibuktikan dengan jenjang pendidikannya yang dimulai dari SDN Banjarsari, SMPN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, ITB (Teknik Arsitektur-S1), University of California (Master of Urban Design-S2).
RK telah melahirkan beberapa monument dan bangunan di dalam maupun luar negeri. Salah satu hasil karyanya adalah Masjid Merapi. Masjid tersebut didirikan menggunakan batako yang dibuat dari abu letusan Gunung Merapi. Ia juga merancang Museum Tsunami Aceh, Rumah Gempa di Padang, sekolah antigempa di Pangalengan, kawasan elite di Kuningan Jakarta Selatan (Kuningan City), Superblok di China, rancanangan pembangunan di Suriah, dan lain-lain.
Berkat karya-karyanya yang mendunia itu, RK diganjar dengan beberapa penghargaan, seperti Urban Ladership Award dari Universitas Pensylvania (Amerika Serikat), Winner International Young Design Entrepreneur of the Year dari British Counchil Indonesia, dua penghargaan dari Indonesia Green Award dengan kategori penghargaan penginspirasi bumi (Penggagas Indonesia Bekerbun), penghargaan penginspirasi bumi (Green Building Rasuna Epicentrum), dan penghargaan lain dari berbagai instansi dalam maupun luar negeri.
Untuk bisa lebih dekat dengan RK, masyarakat juga bisa memfolow Twitternya di @ridwankamil. Tak jarang, twit-twit yang masuk akan langsung dibalas oleh pria berkacamata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar